BERITA TERKINI

6/recent/ticker-posts

Galery Foto Sinsen Jambi Sosialisasikan Green Kalcer Bertajuk "Gerakan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga"

Foto By: Ezer Twopama Manihuruk

Jambi, J24-Astra Honda Motor (AHM) melalui PT Sinar Sentosa (Sinjen) Jambi mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan program "Green Kalcer" dalam tajuk "Gerakan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga". Sosialisasi dan gerakan ini bagian dalam Program ESG (Environmental, Social, and Governance) Mission, Engaging for The Future” dengan tagline "SinergiBagiNegeri".

Dalam gerakan ini, PT Sinar Sentosa (Sinjen) Jambi mengajak Jurnalis Jambi dan komunitas milenial pegiat lingkungan Jambi melakukan sosialisasi kegiatannya hybrid zoom bersama AHM dan praktik, di D'Pathi Coffee Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (4/7/2024) mulai Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 10.30 WIB. Kegiatan ini dipandu oleh Public Relation (PR) PT Sinar Sentosa Primatama, Suci Afrianita.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan ini yakni RB Sutarno, Pembina Lingkungan dari Komunitas UMKM Utama Composter 2008 sekaligus peraih Kalpataru Tingkat Provinsi Tahun 2016 serta Duta Kampung Berseri Astra Tahun 2019. Sedangkan pemandu acara oleh Corp Comm AHM dan arahan pembukaan acara oleh PR AHM Rina Listiani.


RB Sutarno menjelaskan tentang materi "Daur Ulang Limbah Rumah Tangga dengan Pengelolaan Sampah Melalui Kegiatan". Setidaknya ada 16 slide materi yang dijelaskan oleh RB Sutarno terkait dengan penanganan sampah rumah tangga. Dia juga menargetkan sebanyak 70 persen sampah rumah tangga bisa didaur ulang dengan baik. Sedangkan sisanya sampah non organik bisa dibuang ke TPA.

Usai pemaparan materi, RB Sutarno secara zoom juga mempraktektak cara mengolah limbah rumah tangga organik menjadi bahan yang berguna bagi lingkungan. Seperti pembuatan komposter lewat tabung dan pembuatan eco enzym dari kulit buah-buahan atau ragam buah yang tidak berguna (panduannya lihat gambar). 

Menurut Sutarno, ada empat tahap dalam pengelolaan sampah yang benar, pertama pemilahan sampah, kedua berupa komposting-maggot-biopori-eco enzym, ketiga bank sampah dan terakhir pengangkutan sampah secara terjadwal. 

"Dampak positif pengelolaan sampah yakni pengurangan sampah di sumber secara terukur, terciptanya lingkungan yang bersih, sampah terkelola di sumber, tercipta lingkungan hijau, sehat, mendukung ketahanan pangan, terciptanya peluang usaha bidang lingkungan hidup melalui seni kreasi daur ulang,"ujar RB Sutarno.

Menurut Sutarno, dampak positif lainnya yakni tersedianya pupuk organik, tersedianya taman toga, warung hidup, hidupnya kegiatan masyarakat melalui bank sampah, seperti pengolahan sampah, eco enzym, pertanian aneka pendapatan, serta ketahanan pangan. Juga timbulnya interaksi positif di tengah masyarakat. 

Pada kegiatan yang dihadiri oleh AHM se Indonesia ini (via zoom) diakhiri dengan tanya jawab serta praktek pembuatan daur ulang sampah organik rumah tangga dan pembuatan eco enzym dari limbah kulit buah-buahan san buah tak layak makan.

PR SinSen Primatama, Suci Afrianita mengucapkan terimakasih kepada Jurnalis Jambi dan komunitas milenial pegiat lingkungan hidup yang telah bersedia dalam mengikuti aktivutas Green Kalcer Bertajuk "Gerakan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga" Selamatkan Lingkungan tersebut.(J24-AsenkLeeSaragih)
 

Galeri Foto Green Kalcer Bertajuk "Gerakan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga" 


















































Public Relation (PR) PT Sinar Sentosa Primatama, Suci Afrianita.(Foto By: Ezer Twopama Manihuruk)



































Sinsen Jambi Sosialisasikan Green Kalcer Bertajuk "Gerakan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga" Selamatkan Lingkungan. (Foto-Foto By: Ezer Twopama Manihuruk)


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar